meranti Best View Using Mozilla Firefox 3.6 With High Resolution

Minggu, 27 November 2011

3,5 Kubik Kayu Meranti Ilegal Disita

SANGASANGA. Praktik illegal logging alias pembalakan kayu secara liar, ternyata masih terjadi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar). Meskipun sudah banyak pelakunya diringkus polisi, tapi tetap masih ada warga kedapatan mengangkut kayu yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi tersebut. Seperti dilakukan Rohmat (34) yang tinggal di Jl Pembangunan, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kukar.
"Dia (Rohmat, Red) kedapatan mengangkut sebanyak 3,5 Meter Kubik kayu jenis Meranti yang tidak dilengkapi dokumen resmi, menggunakan sebuah truk Mitsubishi KT 8879 AH," ujar Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana, didampingi Kapolsek Sangasanga AKP Teguh Nugroho kepada harian ini, Minggu (20/11).
Aksi Rohmat itu terendus petugas yang melakukan patroli di bilangan Jl Yos Sudarso Kelurahan Sarijaya, Sangasanga, sekira pukul 11.15 Wita, Jumat (18/11) siang. Karena curiga dengan muatan di truk yang dikemudikan Rohmat tersebut, petugas Polsek Sangasanga kemudian menghentikan dan melakukan pemeriksaan. Di bak belakang truk itu terlihat ratusan potong kayu olahan jenis Meranti.
"Diduga pelaku memang berusaha menyembunyikan kayu tersebut. Jadi begitu petugas kami menemukannya dan si pengemudi truk itu tak bisa menunjukan dokumen kayu bersangkutan, maka segera diamankan di sini (Kantor Polsek Sangasanga, Red)," katanya lagi.
Selanjutnya, setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polsek Sangasanga, Rohmat kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat Pasal 50 Ayat 3 Jonto Pasal 78 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999, tentang Kehutanan. Ancaman hukuman berupa pidana penjara sampai 5 tahun lebih. Polisi juga mengamankan truk beserta 3,5 Kubik kayu Meranti olahan itu sebagai barang bukti.
"Kayu itu saya beli dari Samboja untuk dijual kepada seorang pembeli," ungkap Rohmat tanpa mengurai nama pembeli dan berapa harga kayu itu dibeli maupun akan dijualnya.(idn/upi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download Templates